Al-Bir Jeddah Selamatkan 346 Pengemis Anak

Hidayatullah.com—Tempat penampungan pengemis anak milik yayasan amal Al-Bir di Jeddah, Arab Saudi sejak awal tahun 2013 sudah menerima 346 anak laki-laki maupun perempuan.
Dilansir Saudi Gazette (4/11/2013), disamping menyelamatkan ratusan anak tersebut, organisasi itu telah memulangkan 293 pengemis anak ke negara asalnya masing-masing dan mengembalikan 14 orang anak ke keluarganya.
Selain menyediakan tempat tinggal, yayasan memberikan ratusan anak itu pendidikan, aktivitas sosial dan olahraga disamping program rehabilitasi.
Data statistik yayasan menujukkan, jumlah anak yang datang ke tempat perlindungan terbanyak pada bulan Mei.
Sekjen Al-Bir Ahmad Bahamdan mengatakan, organisasinya merupakan lembaga amal pertama di Saudi yang menangani masalah pengemis anak. Di pusat rehabilitasi, anak-anak tersebut diajarkan tentang al-Qur`an dan bimbingan lainnya.
Untuk mengembalikan anak-anak itu ke orangtua atau keluarga mereka pihak yayasan bekerjasama dengan aparat keamanan. Dalam sebagian kasus, orangtua anak-anak tersebut ditemukan berada di rumah detensi atau deportasi.
Tidak sedikit para orangtua anak-anak itu yang memegang iqama (izin tinggal dan bekerjadi Saudi) kadaluarsa dan dikurung dalam rumah detensi imigrasi sampai dendanya dibayar. Dalam kasus semacam itu, orangtua anak-anak tersebut diwajibkan membuat surat pernyataan tidak akan menyuruh anaknya mengemis lagi.
Setiap anak yang ditampung disimpan data pribadinya, diberikan pakaian baru serta mendapatkan pemeriksaan medis untuk mendeteksi penyakit yang dideritanya.*

Source: http://www.hidayatullah.com/read/2013/11/04/7132/al-bir-jeddah-selamatkan-346-pengemis-anak.html

http://pesantrenmasyarakat.com/blog/al-bir-jeddah-selamatkan-346-pengemis-anak.html Al-Bir Jeddah Selamatkan 346 Pengemis Anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *