Belajar di Al Azhar Jadilah Pintar atau Bodoh!

SYEIKH HAMAT BADRUDDIN AL HAMID penyair terkenal Arab suatu saat menerima saudaranya Syeikh Al Allamah Muhammad Hamid, yang saat itu hendak berpamitan akan melanjutkan menuntut ilmu di Al Azhar.
Syeikh Hamat pun menyampaikan,”Tidak mengapa bagiku, akan tetapi aku ingin darimu agar engkau pulang menjadi seorang yang alim (pandai) atau jahil (bodoh). Adapun jika engkau pulang menjadi penuntut ilmu yang tanggung (setengah-setangah), maka aku tidak menginginkan.”
Syeikh Hamat Badruddin menyatakan demikian karena orang yang alim akan berbicara dengan ilmu, sedangkan orang jahil akan diam karena di tahu kalau dia jahil. Adapun jika seseorang setengah pandai, maka ia akan berbicara dan mengira bahwa ia pandai, sedangkan dia jahil, dengan demikian dia jatuh ke dalam kesalahan. Inilah yang disebut para ulama sebagai jahil murakkab, karena dia bodoh namun tidak tahu bahwa ia bodoh. (Adab Al Ikhtilaf fi Al Ilmi wa Ad Din, Syeikh Muhammad Al Awwamah, hal. 58)

Source: http://www.hidayatullah.com/read/2013/11/18/7353/belajar-di-al-azhar-jadilah-pintar-atau-bodoh.html

http://pesantrenmasyarakat.com/blog/belajar-di-al-azhar-jadilah-pintar-atau-bodoh.html Belajar di Al Azhar Jadilah Pintar atau Bodoh!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *