Berkunjung ke Pesantrennya Buya Yahya di Cirebon

Hidayatullah.com–Sekali waktu, berkunjunglah ke kampus utama Lembaga Pengembangan Dakwah Al-Bahjah. Pesantren ini terletak di Jalan Pangeran Cakra Buana No. 179, Blok Gudang Air, Kelurahan Sendang, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.
Kampus seluas 2,5 hektar ini dikelilingi persawahan. Suasananya kental dengan tradisi Nahdliyin. Meskipun begitu, pesantren ini bukan milik ormas Nahdlatul Ulama (NU).
Para santrinya diwajibkan mengenakan ‘imamah, surban yang dililit di kepala, setiap shalat berjamaah di Masjid Omar Al-Bahjah. Santri putrinya dipisahkan pada kawasan khusus putri. Di sini juga ada program menghafal al-Qur’an, di antaranya diikuti santri seusia SD.
Al-Bahjah didirikan oleh Yahya Zainul Maarif, yang dikenal Buya Yahya. Selain perkebunan dan peternakan ikan, Al-Bahjah juga memiliki berbagai unit usaha. Di antaranya minimarket, sekolah dasar Islam, radio, penerbitan, dan produksi makanan-minuman.
Berbagai unit usaha itu rata-rata digerakkan oleh santri-santri khusus, yang disebut Santri Khos. Santri Khos ini termasuk bertugas di dapur umum pesantren.
Fakhrullah, santri Khos bagian dapur mengaku betah di pesantren ini. “Saya mau jadi ulama,” ujar remaja asal Malaysia ini. Gambar diambil pada Senin-Selasa, 7-8 Muharram 1435 H (11-12/11/2013).*
Foto dan teks: Muh. Abdus Syakur/Hidayatullah.com

Source: http://www.hidayatullah.com/foto/2013/11/27/7496/berkunjung-ke-pesantrennya-buya-yahya-di-cirebon.html

http://pesantrenmasyarakat.com/blog/berkunjung-ke-pesantrennya-buya-yahya-di-cirebon.html Berkunjung ke Pesantrennya Buya Yahya di Cirebon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *