Di Iran Infeksi HIV/AIDS Naik 80% Setiap Tahun

Hidayatullah.com—Menteri Kesehatan Iran Hassan Hassemi menyatakan kekhawatirannya akan peningkatan drastis kasus infeksi HIV/AIDS di negaranya dan menuding tabu sebagai penyebab penderita AIDS tidak mendapatkan perawatan semestinya.
“Sekarang ini orang-orang di Iran takut AIDS karena informasi yang keliru dan klaim tidak ilmiah. Itu kenapa masalahnya masih menjadi tabu,” kata Hashemi dalam sebuah acara memperingati Hari AIDS Sedunia Ahad (1/12/2013) lapor media setempat dikutip The Guardian.
“Terdapat kenaikan 9 kali lipat jumlah orang pengidap AIDS dalam kurun waktu 11 tahun terakhir dengan pertambahan 80% setiap tahunnya,” jelas Hashemi.
Menurut menteri kesehatan itu, sebagian besar orang tidak sadar bahwa mereka terinfeksi.
Sebelumnya, penyakit AIDS cenderung ditularkan oleh pemakaian alat suntik bersama di kalangan pencandu narkoba. Tetapi sekarang, menurut Hashemi, penularan lebih banyak karena hubungan seksual. Ironisnya, sekitar 5% penderita HIV/AIDS adalah pekerja anak-anak.
Laju peningkatan kasus infeksi HIV/AIDS di Iran, kata Hashemi, melebihi laju inflasi dan kenaikan harga rumah.
Stigma sosial menyebabkan penderita AIDS di Iran disembunyikan dan diasingkan oleh keluarganya.*

Source: http://www.hidayatullah.com/read/2013/12/03/7601/di-iran-infeksi-hivaids-naik-80-setiap-tahun.html

http://pesantrenmasyarakat.com/blog/di-iran-infeksi-hivaids-naik-80-setiap-tahun.html Di Iran Infeksi HIV/AIDS Naik 80% Setiap Tahun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *