Din Syamsuddin Terpilih Sebagai Co-President Religions for Peace

Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr. Din Syamsuddin.

Hidayatullah.com–General Assembly of Religions for Peace (RfP) di Wina, Austria, pertemuan dari organisasi tokoh agama se-dunia yang berpusat di New York, Amerika Serikat, menunjuk Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Dr. Din Syamsuddin menjadi co-President Religions for Peace. Din Syamsuddin menghadiri pertemuan itu sejak Rabu (20/11/2013).
Hal itu disampaikan Din Syamsuddin, Ahad (24/11/2013) usai menghadiri pertemuan yang hingga tahun 2013 ini sudah berlangsung ke-10 kalinya. Din terpilih sebagai co-President mewakili Islam.
“Ini sebuah kehormatan. Semoga ada manfaatnya bagi kita semua,” ujar Din melalui pesan pendek.
Pertemuan tokoh agama se-dunia itu diikuti 700 tokoh berbagai agama, mengambil tema Welcoming the other: Common Actions for Common Well Being.
Din berbicara tentang Welcoming the Other through Conflict Prevention and Transformation. Dalam pidatonya Din mengajak para tokoh agama se-dunia mentransformasi energi konflik menjadi energi persatuan dan kerjasama.
Din menyerukan untuk mengarusutamakan wacana persamaan dalam agama-agama, daripada mengembangkan perbedaan di antara agama-agama tersebut.
“Agama-agama, meskipun memiliki perbedaan mendasar, terutama dalam hal teologi, tapi juga memiliki persamaan-persamaan mengenai kemanusiaan,” ujar Din, dilansir laman Muhammadiyah.
Dalam hal kemanusiaan itulah, kata Din, umat berbagai agama bisa bekerja sama. Ia menyebut contoh kerjasama antata RS PKU Jogya dengan RS Bethesda dan RS Panti Rapih di Jogyakarta yang patut menjadi model kerjasama kemanusiaan yang baik.*

Source: http://www.hidayatullah.com/read/2013/11/25/7466/din-syamsuddin-terpilih-sebagai-co-president-religions-peace.html

http://pesantrenmasyarakat.com/blog/din-syamsuddin-terpilih-sebagai-co-president-religions-for-peace.html Din Syamsuddin Terpilih Sebagai Co-President Religions for Peace

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *