Ketua MK: Kerusuhan Tak Lepas dari Kasus Suap Akil Mochtar

Mediaumat.com- Ketua Mahkamah Konstitusi Hamdan Zoelva mengakui, peristiwa kerusuhan di ruang sidang pleno MK, Kamis 14 November 2013, karena kepercayaan publik belum pulih terhadap lembaganya.

Kondisi itu disebabkan kasus suap yang menjerat mantan Ketua MK Akil Mochtar terkait penanganan perkara sengketa pilkada.

“Kericuhan kemarin memang karena kepercayaan publik belum pulih atas peristiwa sebelumnya (kasus suap Akil Mochtar),” kata Hamdan dalam jumpa pers di kantornya, Jumat 15 November 2013.

Meski begitu, Hamdan meminta kepada kandidat kepala daerah yang mengajukan perkara ke MK atau sedang berperkara di MK agar menghormati persidangan MK. Para kandidat harus mampu mengendalikan massa agar bisa menghormati proses persidangan.

“Silakan tidak puas. Dalam putusan MK pasti ada yang tidak puas. Karena itu saya minta pada calon pemimpin, kepala daerah dan pengacara untuk bisa meyakinkan pendukung agar menghargai proses di MK,” tuturnya. Hamdan minta pihak berperkara menghormati proses demokrasi.

Belajar dari insiden kemarin, ke depan MK akan memperketat pengamanan. Ia juga meminta penambahan personel pengamanan aparat kepolisian dalam setiap persidangan perkara. Khususnya sidang sengketa Pemilukada.

“Insya Allah mulai minggu depan kejadian serupa tidak akan terulang. Kita sudah berkomunikasi dengan Menkopolhukan dan Kepolisian,” katanya.

Kericuhan terjadi ketika sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Provinsi Maluku. Segerombolan orang yang diduga pendukung salah satu kandidat tidak puas dengan keputusan majelis hakim. Mereka merangsek masuk ke ruang sidang dan membuat kekacauan.

Sejumlah fasilitas seperti kursi dan podium lalu dirusak oleh massa. Massa bahkan sempat mengeluarkan kata-kata kasar serta melempar mikrofon ke arah hakim. Beruntung para hakim segera mengamankan diri ke dalam ruang tunggu hakim.

Kasus ini kini dalam penyelidikan polres Jakarta Pusat. Polisi juga telah mengamankan sejumlah barang bukti, antara lain kaca, papan whiteboard, LCD dan juga kursi.[] (vivanews/fm)

source: http://mediaumat.com/headline-news/5063-ketua-mk-kerusuhan-tak-lepas-dari-kasus-suap-akil-mochtar.html

title: Ketua MK: Kerusuhan Tak Lepas dari Kasus Suap Akil Mochtar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *