KJRI Jeddah Buka Pekan Ilmiah dan Olahraga di Universitas Madinah 1435

hidayatullah.com/Dinul Haq
Pembukaan pekan ilmiah dan olahraga (PEKILO) mahasiswa Indonesia di Universitas Islam Madinah (UIM) 1435 Hijriyah

Hidayatullah.com–Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah yang diwakili oleh Bapak Asep Saefuddin selaku pelaksana fungsi Pensosbud KJRI hari Sabtu (23/11/2013) membuka secara resmi pekan kegiatan ilmiah dan olahraga (PEKILO) mahasiswa Indonesia di Universitas Islam Madinah (UIM) 1435 Hijriyah.
Dalam sambutannya, Asep Saefuddin menyampaikan pesan dari KJRI untuk putra-putra bangsa yang sedang menuntut ilmu di UIM Madinah untuk selalu menjalin komunikasi dengan KJRI dan KBRI di Riyadh pada setiap kegiatan kemahasiswaan. Beliau juga memberi kabar gembira akan kesiapan KJRI dalam memberi dukungan untuk program-program kemahasiswaan.
“Kalau ada hal-hal yang perlu dibantu insya Allah kami siap turun tangan baik secara moril dan materil sesuai kemampuan kami,” kata Asep Saefuddin yang juga alumnus Universitas Al-Azhar, Mesir.
Asep Saefuddin juga mengapresiasi program Pekilo yang merupakan salah satu program tahunan Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) cabang Madinah.
Asep menyebutkan bahwa program ini menjadi hiburan kebanggaan bagi KJRI di tengah beratnya tugas-tugas lapangan yang dihadapi KJRI berkaitan dengan nasib WNI di Arab Saudi.
Tidak lupa Asep menyampaikan nasehat kepada para mahasiswa untuk serius dalam menuntut ilmu dan berharap agar ilmu tersebut bisa dirasakan manfaatnya oleh bangsa Indonesia.
“Harapan kami kepada rekan-rekan mahasiswa UIM agar serius dalam menuntut ilmu, apalagi kalian berada di kota suci ini. Kalian adalah ujung tombak dunia dakwah di Indonesia ke depannya, maka kesungguhan dalam belajar itu dituntut dari sekarang. Jumlah kita ini belum banyak dan Indonesia memiliki medan dakwah yang besar,” terangnya.
Setelah menyampaikan sambutan dan membuka Pekilo UIM 1435 Hijriyah, Asep Saefuddin atas nama KJRI Jeddah memberi bantuan simbolis kepada Habli Robbi Waliyya selaku ketua panitia Pekilo UIM tahun ini.
Pelatihan Menerjemah
Selepas acara pembukaan pekilo, PPMI Madinah langsung merangkai acara tersebut dengan pelatihan dasar menerjemahkan literatur berbahasa Arab ke bahasa Indonesia. Acara tersebut dipandu oleh Ustadz H. Sufyan Baswedan, MA, kandidat doktor Ulumul Hadits UIM selaku pembina Forum Penulis Kreatif, salah satu organisasi jurnalistik PPMI Madinah.
Pelatihan dasar tersebut diadakan sebagai bekal awal para mahasiswa UIM untuk mengembangkan kemampuan menerjemahkan literatur-literatur berbahas Arab sebagai penyambung lidah para ulama.
Acara tersebut juga dijadikan pelayanan panitia Pekilo UIM 1435 Hijriyah kepada para peserta lomba yang akan mengikuti cabang lomba menerjemahkan literatur Arab ke bahasa Indonesia yang merupakan salah satu cabang dari tujuh cabang lomba ilmiah yang akan dipertandingkan tahun ini. Adapun cabang lomba olahraga baru akan dimulai pada 16 Januari 2014, memanfaatkan waktu libur tengah semester kampus UIM. Menurut rencana, Pekilo UIM ini akan ditutup pada tanggal 24 Januari 2014 mendatang.*/Muhammad Dinul Haq , Madinah

Source: http://www.hidayatullah.com/read/2013/11/25/7452/kjri-jeddah-buka-pekan-ilmiah-dan-olahraga-di-universitas-madinah-1435.html

http://pesantrenmasyarakat.com/blog/kjri-jeddah-buka-pekan-ilmiah-dan-olahraga-di-universitas-madinah-1435.html KJRI Jeddah Buka Pekan Ilmiah dan Olahraga di Universitas Madinah 1435

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *