Lebih dari 10 Ribu orang Tewas pasca Topan Haiyan di Filipina

TIDAK kurang 10 ribu orang diperkirakan tewas di Provinsi Leyte, Filipina setelah diterjang Topan Haiyan, Ahad (10/11/2013), demikian dikutip pejabat polisi senior Elmer Soria.
Topan yang menerjang menyebabkan tanah longsor dan menelan desa yang berada di pinggir pantai. Sekitar 70-80 persen bangunan di area yang dilaluinya di Leyte hancur.
Kecepatan angin yang mencapai 315 kilometer perjam itu menerbangkan atap-atap rumah dan menjadikan jalanan penuh puing-puing. Aliran listrik juga terputus.
Di Tacloban, Leyte Palang Merah mengatakan jenazah bertumpuk di jalanan dan gereja. Sekitar 300 hingga 400 jenazah sudah dievakuasi.
Topan super dahsyat itu mengakibatkan longsor di Pulau Samar dan Leyte sekitar pukul 04.40 waktu setempat, Jumat.
Upaya menyampaikan bantuan ke daerah bencana topan Haiyan di Filipina dipersulit dengan banyaknya kerusakan infrastruktur. Sementara itu, Haiyan kini telah sampai di provinsi Quang Ninh, Vietnam dengan kekuatan yang telah berkurang dan berubah menjadi badai tropis.
Program Pangan Dunia (WFP) mengatakan sedang berusaha mengirim 44 ton biskuit berkalori tinggi ke daerah bencana, cukup untuk memberi makan 120.000 orang untuk satu hari.
Reruntuhan bangunan terlihat di seluruh penjuru Tacloban, kota berpenduduk 220.000 orang, yang kini digenangi banjir setinggi 4 meter. Kota-kota lain di jalur Haiyan masih belum dapat dihubungi, dengan jalur-jalur komunikasi yang masih terputus.
Haiyan melanda pulau Leyte dari sebelah timur pada hari Jumat. Pada hari Minggu, Presiden Benigno Aquino menyatakan seluruh daerah tersebut sebagai daerah bencana.*

Source: http://www.hidayatullah.com/foto/2013/11/12/7232/lebih-dari-10-ribu-orang-tewas-pasca-topan-haiyan-di-filipina.html

http://pesantrenmasyarakat.com/blog/lebih-dari-10-ribu-orang-tewas-pasca-topan-haiyan-di-filipina.html Lebih dari 10 Ribu orang Tewas pasca Topan Haiyan di Filipina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *