LIPI: Tak Ada Teman Abadi Dalam Hubungan Internasional

Mediaumat.com- Pengamat Hubungan Internasional LIPI Ganewati Wulandari mengatakan persoalan penyadapan antar negara telah terjadi sejak perang dunia pertama (tahun 1914-1918). Sehingga bagi Ganewati, isu penyadapan yang dilakukan Amerika dan Australia bukanlah hal yang baru.
“Penyadapan ini bukan isu yang baru, karena praktik penyadapan umurnya sudah setua manusia atau peradaban,” kata Ganewati di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (9/11).
Selanjutnya, usai perang dunia kedua (1939-1945), dikatakan Ganewati, antara Amerika, Australia, Rusia, Kanada dan Inggris telah membuat perjanjian terkait pertukaran intelijen. “Hal itu lazim terjadi dan ini resmi,” kisahnya.
Lebih lanjut, ia mengatakan alasan isu penyadapan menjadi isu internasional karena implikasinya bersifat masif. “Menyangkut yang menjadi subjek penyadapan itu meliputi jutaan orang, meliputi banyak negara dan orang penting. Membuktikan bahwa tidak ada teman abadi dalam hub internasional,” ungkapnya.
Peristiwa itu, kata Ganewati, harus dijadikan sebagai evaluasi pemerintah Indonesia dalam mengantisipasi adanya kebocoran informasi yang dilakukan negara lain. “Kasus ini seharusnya jadi titik balik Indonesia bagaimana penyadapan ini tidak terulang lagi,” harapnya.[] pedoman/fm

source: http://mediaumat.com/headline-news/4992-lipi-tak-ada-teman-abadi-dalam-hubungan-internasional-.html

title: LIPI: Tak Ada Teman Abadi Dalam Hubungan Internasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *