Norwegia Jualan Daging Rusa Kutub Halal

Hidayatullah.com—Viteksperten, sebuah rumah jagal asal Norwegia, mengumumkan telah menyembelih rusa kutub menurut cara Islam dan akan dijual ke luar negeri.
“Ini daging terlezat di dunia,” kata Harry Drystad, pimpinan Veteksperten.
Penyembelihan secara halal hewan kutub itu dilakukan bekerjasama dengan Dewan Islam Norwegia. Sebanyak 105 ekor rusa sudah disembelih.
Ide untuk menjual daging rusa kutub itu muncul di awal krisis finansial tahun 2008.
“Kami berpikir banyak orang di dunia akan mau membayar sedikit lebih mahal untuk bisa makan daging yang lebih lezat, sehat dan bergizi,” kata Drystad dikutip AFP (2/12/2013).
Daging rusa kutub halal merupakan produk baru di Norwegia. Sementara pada tahun 2010 Yamalo-Nenets, sebuah daerah otonomi di Rusia, dilaporkan telah mengekspor 1.000 kaleng daging rusa kutub ke Qatar.
Sasaran utama dari produk Veteksperten itu adalah Muslim Norwegia. Dan produsennya berharap restoran-restoran mewah di Dubai juga akan menghidangkan daging rusa dari rumah jagalnya.
“Mereka yang sudah merasakan mengatakan [daging] itu yang terbaik di dunia,” kata Mehtab Afsar, sekretaris jenderal Dewan Islam Norwegia kepada AFP.
“Saya sangat ingin mencobanya jika sudah ada di toko-toko,” imbuh Afsar.
Meskipun disebutkan disembelih sesuai aturan Islam, namun dalam laporannya AFP menulis bahwa hewan yang akan disembelih itu dibuat pingsan terlebih dahulu.
“Rusa kutub mereka disembelih menggunakan metode yang sama seperti daging halal — hewannya pertama-tama dibuat tidak sadarkan diri atau setengah pingsan (stunned), lalu digorok lehernya…” tulis AFP.*

Source: http://www.hidayatullah.com/read/2013/12/04/7618/norwegia-jualan-daging-rusa-kutub-halal.html

http://pesantrenmasyarakat.com/blog/norwegia-jualan-daging-rusa-kutub-halal.html Norwegia Jualan Daging Rusa Kutub Halal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *