Pengamat: Slank Gelar Tur di Pesantren, Hapus Imej Jokowi Tak Pro-Islam

Portal Dunia – Pengamat: Slank Gelar Tur di Pesantren, Hapus Imej Jokowi Tak Pro-Islam

Joko Widodo dan Slank (tempo)

intelijen – Upaya group band Slank menggelar tur di sejumlah pesantren bisa dibaca sebagai langkah strategis tim pemenangan Joko Widodo di Pilpres 2019 untuk menghapus citra buruk bahwa Jokowi tidak pro Islam.

Analisis ini disampaikan pengamat politik Muslim Arbi kepada intelijen (15/09). “Pendekatan Slank melalui pesantren agar citra tidak pro Islam Jokowi akan terhapus. Persepsi yang dibangun, Jokowi itu mendukung pesantren dan pesantren,” papar Muslim.

Menurut Muslim, tur pesantren ala Slank itu memperkuat fakta bahwa Slank telah menjadi bagian dari tim pemenangan Jokowi. “Tur dipilih di pesantren di daerah yang pada Pilpres 2014 Jokowi kalah suara. Ini menandakan Slank sudah jadi timses Jokowi di Pilpres 2019,” kata Muslim Arbi.

Muslim menilai, tim pemenangan Jokowi sudah memetakan wilayah-wilayah di mana suara Jokowi tergerus. “Data Pilpres 2014 bisa dijadikan ukuran, maka perlu pendekatan khusus agar wilayah tersebut pada Pilpres 2019 memilih Jokowi,” papar Muslim.

Terkait daerah tur musik yang dipilih, kata Muslim, tim pemenangan Jokowi membidik wilayah Jawa Barat dan Jawa Timur yang selama ini dikenal bukan sebagai basis pendukung Jokowi. “Dengan target pemilih muda, Slank mengunjungi wilayah Jawa Barat dan Jawa Timur, yang bukan basis massa Jokowi,” ungkap Muslim.

Slank menggelar tur 4 kota di Indonesia. Namun, berbeda dengan tur-tur seperti biasanya, kali ini Slank akan melaksanakan tur di 4 pesantren.

Keempat pesantren yang akan disambangi di empat kota itu antara lain adalah Pesantren Darussalam di Cujengjing, Ciamis; Pesantren Al Hikmah 2 di Sirampog, Brebes; Pesantren Darussalam di Subah, Batang; dan Pesantren Amanatul Ummah di Pacet, Mojokerto.

“Pada dasarnya kita semua berbeda satu dengan yang lain. Namun, selalu ada nilai-nilai cinta kasih, toleransi, dan persatuan yang menjembatani perbedaan tadi. Musik dan dialog adalah sebagian cara untuk menyampaikannya,” ungkap Kaka, vokalis Slank, di Markas Slank, Duren Tiga, Jakarta Selatan, (05/09).

Red

Share Button


Pengamat: Slank Gelar Tur di Pesantren, Hapus Imej Jokowi Tak Pro-Islam Sumber: INTELIJEN/Portal Dunia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *