Saudi Godok Larangan Merokok di Ruang Publik

Hidayatullah.com—Kementerian Kesehatan Arab Saudi mengajukan rancangan peraturan tentang larangan merokok di ruang publik kepada komite pakar di Dewan Kementerian, lansir koran Al-Hayat dikutip Saudi Gazette (6/11/2013).
Kepala departemen yang bertanggungjawab soal masalah rokok di Kementerian Kesehatan Dr Ali al-Wada’ei mengatakan, peraturan itu segera diberlakukan begitu disetujui Dewan Menteri.
Peraturan yanga akan mengenakan denda terhadap pelanggarnya itu akan diberlakukan di seluruh kota di Arab Saudi. Menurut Wada’ei beberapa kota sudah menerapkan larangan tersebut, tetapi kebanyakan kota di Saudi belum menerapkannya.
Kementerian juga akan melaksanakan survei terkait rokok, yang diduga akan mengungkap adanya kenaikan jumlah perokok wanita di kerajaan itu.
Menurut Wada’ei, kenaikan harga rokok 100% belum menunjukkan hasil dari tujuan yang ingin dicapai, yaitu berkurangnya jumlah perokok. Untuk itu harga rokok perlu dinakkan lagi, guna mendorong para remaja dan orang berpengahasilan rendah menghentikan kebiasaan buruknya itu.
“Kementerian punya tiga cara untuk memerangi rokok. Yaitu melakukan edukasi dan kampanye kepedulian, menerapkan peraturan dan memberikan layanan guna membantu orang-orang yang ingin berhenti merokok.”
Kepala Meterorologi dan Lingkungan Dr Samir Ghazi ikut mendurung program pemerintah dalam memerangi rokok. Menurutnya, asap rokok juga termasuk emisi berbahaya yang harus ditanggulangi. Sama seperti halnya gas buang kendaraan bermotor yang mencemari udara.*

Source: http://www.hidayatullah.com/read/2013/11/06/7170/saudi-godok-larangan-merokok-di-ruang-publik.html

http://pesantrenmasyarakat.com/blog/saudi-godok-larangan-merokok-di-ruang-publik.html Saudi Godok Larangan Merokok di Ruang Publik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *