Syeikh Yusuf Al-Qaradhawi Dikabarkan Mundur dari Al-Azhar

Hidayatullah.com—Sebuah pernyataan di laman Facebook Syeikh Yusuf Al-Qaradhawi hari Ahad (1/12/2013) menyatakan bahwa tokoh Muslim terkemuka itu mundur dari Dewan Ulama Senior Al-Azhar.
“Saya mengajukan pengunduran diri kepada rakyat Mesir sebab mereka pemilik sesungguhnya dari Al-Azhar, bukan syeikh Al-Azhar,” bunyi pernyataan itu dikutip Ahram Online.
Ulama yang berkali-kali berpindah mukim antara Mesir dan Qatar itu menyebut Imam Besar Al-Azhar Syeikh Ahmad Al-Tayyib dan pejabat Al-Azhar lainnya sebagai pendukung kudeta militer atas kekuasaan presiden Muhammad Mursy, seorang politisi dari Al-Ikhwan Al-Muslimun.
Dikenal pernah aktif dalam organisasi Al-Ikhwan, diketahui dua kali penulis buku “Al-Halal Wal-Haram Fil-Islam” itu menolak diangkat menjadi pemimpin Al-Ikhwan yaitu pada tahun 1976 dan 2004.
Salah satu pejabat tinggi Al-Azhar, Abbas Shouman, berbicara lewat telepon kepada stasiun televisi Mehwar hari Senin malam (2/12/2013) mengatakan bahwa lembaganya belum menerima notifikasi resmi apapun tentang pengunduran diri Syeikh Dr Yusuf Al-Qaradhawi.
Bulan Juli lalu tersiar kabar bahwa beberapa tokoh di Al-Azhar meminta agar keanggotaan Al-Qaradhawi dicopot menyusul kecamannya terhadap Al-Tayyib. Tetapi pejabat Al-Azhar menegaskan bahwa keanggotaan Al-Qaradhawi dalam dewan ulama tidak bisa dicabut.*

Source: http://www.hidayatullah.com/read/2013/12/03/7603/syeikh-yusuf-al-qaradhawi-dikabarkan-mundur-dari-al-azhar.html

http://pesantrenmasyarakat.com/blog/syeikh-yusuf-al-qaradhawi-dikabarkan-mundur-dari-al-azhar.html Syeikh Yusuf Al-Qaradhawi Dikabarkan Mundur dari Al-Azhar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *