The Guardian: Bagaimana Mungkin Bersih-Bersih Saudi Dilakukan Tangan Yang Kotor?

Portal Dunia – The Guardian: Bagaimana Mungkin Bersih-Bersih Saudi Dilakukan Tangan Yang Kotor?

Eramuslim – Surat kabar The Guardian, mempertanyakan tangan-tangan tidak bersih yang hendak melakukan pemberantasan korupsi di Arab Saudi. Surat kabar asal Inggris ini menyebut Putra Mahkota Pangeran Muhammad bin Salman lebih perhatian pada penguatan posisinya daripada memberantas korupsi atau mengatasi masalah ekonomi di negaranya. Secara ekslusif apa yang terjadi saat ini di Saudi merupakan ‘kudeta perlahan’.

Dilansir Aljazeera dalam terbitannya hari Rabu (08/11) kemarin, The Guardian menyebut sebagian kecil keluarga kerajaan Saudi dituduh menggelapkan sejumlah besar dana publik. Sedangkan di sisi lain, kehidupan penguasa sangat boros.

Bahkan, ketika Bin Salman tengah melakukan pemotongan anggaran yang signifikan, Sang Raja malah menghabiskan sekitar 100 juta dolar selama liburan di Maroko beberapa waktu lalu. Senada dengan hal itu, Bin Salman sendiri disebut-sebut membeli kapal pesiar seharga 500 juta dolar.

Guardian juga membahas operasi penangkapan yang terjadi di Arab Saudi. Menurutnya, hal itu sangat-sangat beraroma politis. Sisi politis dilihat dari penangkapan yang menimpa tiga orang terkaya. Ini seakan langkah untuk meredam kekhawatiran publik akan maraknya korupsi di Saudi.

Menurut data, Arab Saudi berada di urutan terbawah berkaitan dengan transparansi anggaran. Hal ini mengakibatkan tak ada seorangpun baik di dalam maupun di luar kerajaan yang tahu berapa jumlah pasti pengeluaran negara.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

loading…

The Guardian: Bagaimana Mungkin Bersih-Bersih Saudi Dilakukan Tangan Yang Kotor? Sumber: Eramuslim/Portal Dunia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *