Turki Berharap Hubungan Dagang dengan Iran Segera Pulih

Pemimpin Turki dan Iran, di era Ahmadinejad.

Hidayatullah.com—Menyusul kesepakatan soal program nuklir Iran dengan 5 negara anggota tetap Dewan Keamanan PBB plus Jerman, Turki berharap memaksimalkan waktu 6 bulan ke depan untuk menggenjot hubungan dagang dengan Teheran setelah sanksi ekonominya dicabut.
Berbicara dalam konferensi bertajuk “Turki dan dunia, jembatan perdagangan 2013” di Istanbul, Menteri Perdagangan Zafer Caglayan mengatakan, Turki kehilangan $6 milyar dalam 9 bulan pertama tahun ini dibanding tahun lalu, akibat embargo ekonomi atas Iran.
Ekspor Turki ke Iran tahun 2012 mendekati $10 milyar, kata Caglayan.
“Saya berharap Turki akan dapat kembali mengekspor seluruh barang-barangnya ke Iran, setelah pelonggaran sanksi,” ujarnya dikutip Today’s Zaman (25/11/2013), seraya menegaskan Turki akan menjual semua jenis barang termasuk emas.
Akibat embargo terhadap Iran, ekspor emas Turki melorot $1 miyar, kata Caglayan.
“Saat ini Turki mengkespor lebih dari 20.000 produk ke Iran. Saya berharap kami dapat menggunakan waktu 6 bulan ke depan ini dengan sebaik-baiknya.”*

Source: http://www.hidayatullah.com/read/2013/11/26/7478/turki-berharap-hubungan-dagang-dengan-iran-segera-pulih.html

http://pesantrenmasyarakat.com/blog/turki-berharap-hubungan-dagang-dengan-iran-segera-pulih.html Turki Berharap Hubungan Dagang dengan Iran Segera Pulih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *