Waspada! Selebaran “Sedekah Berantai” Mencatut Ustadz Yusuf Mansur Beredar Lagi

Muh. Abdus Syakur/Hidayatullah.com
Selebaran gelap “sedekah berantai” yang diedar di Pasar Minggu

Hidayatullah.com– Waspada! Selebaran gelap “sedekah berantai” yang mencatut nama dai kondang Ustadz Yusuf Mansur kembali beredar. Selebaran bermodus “Program Investasi Sedekah” ini didapati hidayatullah.com diedarkan seseorang di Jalan Raya Pasar Minggu KM 19, Jakarta Selatan, Kamis, 2 Shafar 1435 H (5/12/2013) pagi.
Saat itu sekitar pukul 10.00 WIB, awak media ini sedang mengendarai sepeda motor dari Depok, Jawa Barat, menuju arah Kalibata, Jakarta Selatan. Setelah menerima selebaran yang dibagikan seorang pria berbaju putih dan celana gelap itu, awalnya hidayatullah.com tidak menaruh curiga.
Lalu lintas saat itu padat merayap, tidak memungkinkan untuk berhenti apalagi membaca. Beberapa lama kemudian, setelah memutar balik menuju Jalan Rawajati Timur, awak media ini berhenti di pertigaan sebelum rel kereta untuk mencermati selebaran yang distaples itu.
Rupanya selebaran ini berisi tawaran investasi bersedekah. Dari tampilannya saja, bundel ini sudah tidak meyakinkan. Isinya 9 lembar, semua fotocopy-an hitam-putih di atas kertas HVS.
“7 (Tujuh) Langkah Meraih Rizqi Melimpah dan Halal Insya Allah Sukses!” bunyi judul besar selebaran yang juga bermodus “Program Untuk Umat” itu.
Begitu mengetahui selebaran gelap ini bermodus penipuan, sebagaimana yang marak terjadi selama ini, hidayatullah.com langsung balik arah mencoba mengejar pengedarnya. Sayang, orang tersebut sudah hilang tak berbekas.
Mungkin selebaran yang dia bawa sudah habis. Sebelumnya saat mengedar ke para pengendara khususnya sepeda motor, tampak dia membawa puluhan berkas serupa.
Modus Penipuan
Dugaan modus penipuan terlihat jelas dalam selebaran ini. Di bawah judul besarnya, terdapat foto Yusuf Mansur berpeci dan berkaca mata yang gambarnya agak kabur.
Di bawah foto itu, terdapat tulisan, “Oleh Ust. Yusuf Mansur. Lahir di Jakarta, 19 Desember 1976. Dari Keluarga Betawi Pasangan Abdurrahman Mimbar & Humiripah. Lulusan Madrasah Aliyah Negeri 1 Grogol, Jakarta Barat. Pimpinan Pondok Pesantren Daarul Qur’an Bulak Santri, Cipondoh Tangerang.”
Dilanjutkan dengan tulisan, “Keajaiban Sedekah/Memberi Dengan Ikhlas. PROGRAM INVESTASI SEDEKAH dijalankan dengan ikhlas dan jujur. Yakinlah Anda akan memperoleh hasil dari sedekah Anda tersebut…. GRATIS!!! Ambil Satu Bundel.”
Selain mencatut nama dan foto Yusuf Mansur, logo Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga dicatut pada halaman keduanya. Di atas logo MUI, terlihat jelas tulisan “MERAIH REJEKI LEWAT INFAQ & SEDEKAH DENGAN IKHLAS DAN JUJUR”.
Di bawah logo, dilampirkan tiga dalil al-Qur’an dan Hadits tentang keutamaan sedekah. Juga terdapat seruan bersedekah dan khasiatnya.
Dari halaman 2-4, berisi testimoni dari orang-orang yang diklaim sukses dengan “sedekah berantai” ini. Dilengkapi kisah nyata yang diklaim mereka alami. Di header dan footer halaman, terdapat tulisan 8milyar.blogspot.com.
Pada halaman 5-6, dimuat 7 langkah yang diperlukan oleh orang yang berminat mengikuti program tersebut. Langkah-langkah itu antara lain, peserta harus memiliki tabungan dan kartu ATM bank apa saja.
Langkah selanjutnya, tulis selebaran itu, peserta diminta mentransfer uang ke-4 (empat) nomor rekening yang tertulis di halaman KOLOM INVESTOR BARU, masing-masing Rp 20.000. Langkah selanjutnya, selebaran itu harus di-fotocopy dan disebarkan di tempat tempat umum.
“Perhatikan, Anda sudah disediakan satu halaman kosong (di lembaran terakhir), KOLOM BUKTI TRANSFER dan KOLOM INVESTOR BARU,” bunyi langkah selanjutnya.
Dalam selebaran ini, peserta diiming-imingi uang yang bernilai miliaran rupiah. Tak tanggung-tanggung, selama 4 pekan peserta dijanjikan mendapat uang tunai Rp 7.812.500.000.
Masyarakat harus waspada jika melihat selebaran seperti ini, yang jelas bernuansa penipuan. Hingga berita ini diturunkan, pihak Ustadz Yusuf Mansur yang dikonfirmasi hidayatullah.com belum memberi jawaban.*

Source: http://www.hidayatullah.com/read/2013/12/05/7641/waspada-selebaran-%E2%80%9Csedekah-berantai%E2%80%9D-mencatut-ustadz-yusuf-mansur-beredar-lagi

http://pesantrenmasyarakat.com/blog/waspada-selebaran-sedekah-berantai-mencatut-ustadz-yusuf-mansur-beredar-lagi.html Waspada! Selebaran “Sedekah Berantai” Mencatut Ustadz Yusuf Mansur Beredar Lagi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *