Connect with us

Berita

Tencent Berkembang di Asia Tenggara di tengah Ketegangan AS dan India

Published

on

Raksasa teknologi China Tencent mengatakan pada hari Selasa bahwa pihaknya akan membuka kantor baru di Singapura untuk dijadikan sebagai pusat Asia Tenggara, ketika perusahaan tersebut terhuyung-huyung dari kemunduran di AS dan India.

Perusahaan ini adalah pemimpin teknologi China terbaru yang berkembang di wilayah berpenduduk 650 juta dengan kelas menengah yang berkembang pesat, dan menggunakan negara kota sebagai basisnya.

Tencent mengumumkan kantor baru dalam sebuah pernyataan, dan mengatakan akan “memperluas kehadiran bisnisnya di Singapura untuk mendukung bisnis kami yang sedang berkembang di Asia Tenggara dan sekitarnya”.

Perusahaan yang sudah berkantor di Malaysia, Thailand, dan Indonesia ini mengaku sedang merekrut untuk berbagai posisi.

Bloomberg News, mengutip sumber anonim, melaporkan rencana perusahaan untuk mendirikan pusat regional di Singapura telah dipercepat oleh ketegangan geopolitik.

Di AS, Presiden Donald Trump telah mengumumkan larangan mulai pertengahan September di platform media sosial Tencent WeChat, serta TikTok, yang dimiliki oleh raksasa teknologi China, ByteDance.

India telah melarang sejumlah aplikasi China, termasuk game hit Tencent PUBG Mobile dan Arena of Valor, setelah pasukan terlibat dalam serangkaian bentrokan di perbatasan Himalaya yang disengketakan oleh tetangga.

Perusahaan lain yang ingin meningkatkan kehadiran mereka di negara kota itu termasuk ByteDance, yang berencana menghabiskan miliaran dolar untuk memperluas kehadirannya di sana, sementara Alibaba sedang dalam pembicaraan untuk berinvestasi di perusahaan pemesanan kendaraan yang berbasis di Singapura, Grab, Bloomberg melaporkan.

Banyak perusahaan internasional telah memilih untuk menempatkan kantor pusat regional mereka di Singapura, dan pengamat yakin ketidakstabilan di saingan lama Hong Kong dapat mendorongnya untuk menarik perusahaan.

Para pemimpin di Singapura, yang mayoritas etnis Tionghoa, berhati-hati dalam menjaga hubungan baik dengan AS dan Tiongkok.

Berita

Saham Asia akan Menguat setelah Penguatan Teknologi Wall Street

Published

on

Saham Asia ditetapkan untuk dibuka lebih tinggi pada hari Rabu setelah kenaikan Wall Street yang didorong oleh teknologi meskipun fokus bergeser ke ketegangan AS-China yang diperbarui, yang dapat membebani sentimen investor.

Di pasar mata uang, kenaikan greenback dapat menahan mata uang regional seperti dolar Australia dan Selandia Baru selama jam-jam Asia.

Indeks dolar naik 0,441 persen, dengan euro turun 0,01 persen menjadi US $ 1,1705 setelah Presiden Federal Reserve Chicago pada Selasa menyebutkan prospek kenaikan suku bunga.

“Pergerakan dolar AS mungkin akan menjadi langkah dominan untuk mata uang lainnya,” kata analis mata uang Commonwealth Bank of Australia Kim Mundy.

Saham Wall Street rebound pada hari Selasa, dipimpin oleh lonjakan 5,7 persen di Amazon.com Inc setelah Bernstein meningkatkan saham menjadi “mengungguli” pada dorongan yang diharapkan dari pelanggan premium dan pedagang pihak ketiga bahkan setelah pandemi dapat diatasi.

Dow Jones Industrial Average naik 0,52 persen, S&P 500 naik 1,05 persen dan Nasdaq Composite bertambah 1,71 persen.

Saham AS telah jatuh bulan ini karena investor membuang saham-saham terkait teknologi kelas berat menyusul reli yang menakjubkan, yang mengangkat S&P 500 dan Nasdaq ke level tertinggi baru.

Microsoft Corp, Apple Inc, Alphabet Inc dan Facebook Inc, yang mengalami penurunan terbesar baru-baru ini, semuanya naik lebih dari 1 persen pada hari Selasa.

Di Asia, pasar Jepang dibuka kembali pada hari Rabu setelah libur umum dua hari, yang dapat memicu beberapa volatilitas.

Reserve Bank of New Zealand juga mengumumkan keputusan kebijakan moneternya, meskipun analis memperkirakan suku bunga resmi tetap tidak berubah di 0,25 persen.

S & P / ASX 200 berjangka Australia naik 1,04 persen pada awal perdagangan sementara indeks berjangka Hang Seng Hong Kong turun 0,22 persen.

Nikkei 225 berjangka Jepang turun 0,02 persen dan E-mini berjangka untuk S&P 500 datar.

Yen Jepang melemah 0,06 persen versus greenback pada 104,98 per dolar, sementara Sterling diperdagangkan terakhir pada $ 1,2734, naik 0,02 persen pada hari itu.

Saham pasar berkembang kehilangan 0,69 persen. Indeks MSCI untuk saham Asia Pasifik di luar Jepang ditutup melemah 1,01 persen.

Sterling terakhir diperdagangkan pada $ 1,2734, naik 0,02 persen pada hari setelah Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan kepada warga Inggris untuk kembali bekerja dari rumah, bersama dengan pembatasan baru di pub, bar, dan restoran yang menurutnya dapat dilakukan selama enam tahun. bulan tanpa beberapa bentuk vaksin.

Investor akan terus mencermati ketegangan China.

Presiden AS Donald Trump mengatakan kepada Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa pada hari Selasa bahwa China harus bertanggung jawab karena telah “melepaskan” COVID-19 di dunia, yang mendorong Beijing untuk menuduhnya “berbohong” dan menyalahgunakan platform PBB untuk memprovokasi konfrontasi.

Presiden China Xi Jinping memberikan nada damai dalam pidato virtual yang direkam sebelumnya kepada Majelis Umum, menyerukan peningkatan kerja sama atas pandemi dan menekankan bahwa China tidak berniat berperang “baik Perang Dingin atau perang panas dengan negara mana pun.”

Xi juga mengumumkan rencana untuk meningkatkan target kesepakatan iklim Paris negaranya pada hari Selasa dan menyerukan revolusi hijau, hanya beberapa menit setelah Trump, yang telah menghapus ratusan peraturan lingkungan, mengecam China karena “polusi yang merajalela.”

Dalam komoditas, minyak mentah AS turun 0,3 persen menjadi $ 39,65 per barel dan Brent berada di $ 41,80, naik 0,87 persen pada hari itu.

Spot emas turun 0,1 persen menjadi $ 1,898.10 per ounce.

Continue Reading

Berita

Menteri Perhubungan Meresmikan Pengaktifan Kembali Jaringan Rel Kereta Api Cianjur-Cipatat

Published

on

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan pengaktifan kembali jaringan rel kereta api Cianjur-Cipatat di Jawa Barat pada Senin sebagai bagian dari rencana pemerintah untuk mengurangi lalu lintas jalan raya, khususnya di Bogor, Sukabumi, dan Padalarang serta sekitarnya.

Jaringan KA Cianjur-Padalarang sepanjang 57 kilometer terdiri dari tiga ruas. Ruas pertama yang menghubungkan Canjur dan Ciranjang sudah diaktifkan kembali pada tahun 2019, namun aktivasi saat ini memperluas jaringan hingga ke Kecamatan Cipatat di Kabupaten Bandung Barat.

Kementerian menghabiskan Rp 118,8 miliar (US $ 8 juta) dari anggaran tahun 2019 untuk mengaktifkan kembali ruas Ciranjang-Cipatat, yang mencakup pekerjaan untuk memperbaiki dan meluruskan rel kereta api. Ini bertujuan untuk mulai mengerjakan segmen terakhir dari jaringan, yang akan menghubungkan stasiun Cipatat dan Padalarang, pada tahun 2022.

“Saat ini volume lalu lintas dari Jakarta dan sekitarnya ke wilayah Jawa Barat bagian selatan cukup tinggi, dan sering menimbulkan kemacetan. Diharapkan dengan adanya reaktivasi tersebut dapat meningkatkan konektivitas bagi masyarakat Bogor, Sukabumi, Padalarang dan sekitarnya, ”kata Budi dalam keterangan yang dirilis, Senin.

Melalui pengaktifan kembali jaringan kereta api, kementerian berharap dapat memangkas waktu tempuh antara Cipatat dan Sukabumi menjadi 2,5 jam dengan kereta api, lebih cepat 30 menit dari waktu tempuh rata-rata melalui jalan darat. Kementerian juga berharap bisa menambah jumlah penumpang kereta harian di jalur tersebut dari sekitar 2.100 menjadi 6.500 orang.

Lebih lanjut, kementerian berharap kapasitas kereta api barang dari 30 ton per hari menjadi 42 ton dengan menambahkan gerbong keenam untuk kereta barang.

“Konektivitas di jalur kereta ini merupakan bagian dari upaya kami untuk meningkatkan ketersediaan layanan angkutan penumpang dan barang. Harapannya, baik pelaku industri maupun komersial beralih dari jaringan jalan raya ke angkutan berbasis rel, ”kata Budi.

Untuk mengembangkan infrastruktur kereta api tua di Indonesia, pemerintahan Presiden Joko “Jokowi” Widodo telah merencanakan untuk membangun 3.258 km jalur tambahan dan mengaktifkan kembali jaringan yang ditinggalkan, menurut Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019.

Namun, data Kementerian Perhubungan menunjukkan, pemerintah hanya membangun dan mengaktifkan kembali jalur sepanjang 852 km antara 2015 dan 2018, jauh di bawah target RPJMN.

Continue Reading

Bisnis

Mengapa CEO Facebook Mark Zuckerberg adalah ‘Penggemar’ Ponsel Samsung

Published

on

Ponsel mana yang digunakan Mark Zuckerberg ? Sementara CEO seperti Elon Musk dari Tesla dan Jeff Bezos dari Amazon adalah pengguna iPhone, CEO Facebook memiliki jawaban yang berbeda ketika pertanyaan ini diajukan kepadanya dalam sebuah wawancara. Zuckerberg baru-baru ini menghubungi YouTuber Marques Brownlee alias MKBHD di mana dia menyatakan cintanya pada smartphone Samsung . Ketika ditanya ponsel mana yang ada di sakunya, CEO Facebook berkata, “Anda tahu, saya telah menggunakan ponsel Samsung selama beberapa tahun dan saya adalah penggemar beratnya. Saya pikir mereka membuat ponsel yang bagus. ”

Zuckerberg juga mengatakan bahwa dia menyukai Android dan karena sejumlah besar populasi di seluruh dunia menggunakan smartphone Android, sangat penting baginya dan tim di Facebook untuk memiliki lebih banyak eksposur ke smartphone Android yang berbeda daripada hanya iPhone.

Facebook telah bekerja sama dengan Samsung untuk perangkat Oculus VR-nya dan aplikasi serta layanan Facebook telah diinstal sebelumnya pada smartphone Samsung Galaxy. Sejauh ini, kemitraan tersebut tampaknya hanya berkembang antara raksasa media sosial dan raksasa teknologi Korea Selatan.

Samsung baru-baru ini meluncurkan Galaxy M51, smartphone seri Galaxy M termahal yang diluncurkan oleh perusahaan sejauh ini. Smartphone ini mengemas baterai 7000mAh yang sangat besar dan menggunakan pengaturan kamera quad 64MP dan penembak selfie 32MP.

Galaxy M51 hadir dengan layar Infinity O 6,7 inci. Ini didukung oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 730G octa-core yang dipasangkan dengan Adreno 618 GPU. Muncul dengan fungsi SIM ganda dan menjalankan sistem operasi Android 10 dengan One UI milik perusahaan. Samsung Galaxy M51 hadir dalam dua varian – RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB serta RAM 6GB dan penyimpanan internal 128GB. Pengguna selanjutnya dapat memperluas penyimpanan dengan menambahkan kartu microSD. Smartphone ini hadir dengan kemampuan pengisian daya terbalik dan dilengkapi dengan pengisi daya cepat 25W. Perusahaan mengklaim bahwa smartphone dapat mengisi penuh dalam waktu kurang dari 2 jam.

Continue Reading

Trending